Jumat, 17 April 2015

Welcome..

NewPerspectives~
"Pandangan Baru" sebuah nama yang saya beri dalam blog kecil ini.Untuk pengenalan awal, saya adalah seorang mahasiwa di Universitas Negeri Malang, saat ini saya berada di semester 4 akhir mendekati Ujian Akhir Semester 4 yang kemungkinan akan dilaksanakan minggu depan, jurusan yang saya ambil adalah Ilmu Perpustakaan dan Informasi Diploma 3 yang berada dalam Fakultas Sastra , adalah jurusan saya pilih nomor urut 2 dari tes mandiri yang dilakukan dari kampus, saat itu pilihan pertama saya yakni Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Namun , saya diterima pada pilihan kedua. Memang jurusan yang saya ambil saat itu memang berbanding terbalik dengan jurusan yang saya ambil ketika saya di SMK, yakni Teknik Komputer dan Jaringan. Setelah saya mengkuti berbagai tahap seleksi dan tes dari jalur undangan maupun prestasi dengan jurusan yang saya ambil Teknik Informatika, dan alhasil tidak ada yang lolos. Sehinga saya beralih mencoba jurusan lain yang sekiranya masih baru bagi diriku. Alhamdulillah ucap rasa syukurku Kepada Allah SWT ketika saya akhirnya diterima di Universitas Negeri Malang. Banyak orang beranggapan "Menata buku diperpustakaan saja, kenapa harus kuliah"  segala hal yang kita lakukan didunia ini bagaimanapun itu pasti ada tata cara dan tuntunan, kita makan, melakukan ibadah, segala hal yang kita yang kita lakukan dalam aktivitas sehari-hari. Sama halnya dengan segala bentuk informasi yang ada dalam perpustakaan ada tata cara agar bagaimana segala bahan informasi yang ada dalam perpustakaan tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pengguna perpustakaan. Sehingga menata buku dalam perpustakaan bukanlah hal mudah seperti apa yang dikatakan dari pendapat berbagai orang yang mengatakan seperti itu, karena terdapat klasifikasi nomor buku dalam setiap buku yang sudah pasti berbeda satu dengan yang lainya. Dalam dunia ilmu pengetahuan saat ini banyak orang dengan latar belakang pendidikan yang sangat mumpuni mengemukakan ilmu baru yang nantinya akan menjadi sebuah teknologi baru yang beriringan dengan perkembangan teknologi informasi saat ini. dalam era saat ini pun perpustakaan bukanlah tempat yang hanya menyediakan buku saja yang nanti akan dipinjamkan kepada pengguna. Meskipun pada dasarnya sebagai tempat buku yang nantinya dipinjamkan kepada pengguna namun untuk perpustakaan dalam era globalisasi saat ini memiliki peran penting dalam penyebaran informasi terhadap  lingkungan disekitar perpustakaan. Jika perpustakaan dalam sekolah, perpustakaan tersebut memiliki peran terhadap penyebaran informasi dan ilmu pengetahuan di lingkungan sekolah, begitu juga dengan perpustakaan perguruan tinggi maupun perpustakaan yang berada dalam instansi pendidikan maupun pemerintahan juga memiliki peran tersebut yakni menyebarkan informasi dan ilmu pengetahuan yang berada dalam lingkup lingkungan perpustakaan tersebut. Sedikit cerita mengenai perpustakaan diatas mungkin bisa memberikan pandangan bahwa perpustakaan memiliki peran yang begitu penting dalam penyebaran informasi dan pusat dari berbagai informasi dan ilmu pengetahuan. Begitu besar harapan saya untuk bisa sukses dalam kuliah dan bekerja, memang kesuksesan didunia dan di akhirat adalah keinginan setiap orang, namun bukan hasil sukses itu yang bisa kita banggakan, tapi adalah bagaimana proses kita untuk bisa meraih semua itu dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan bahwa ''selama kita berusaha pasti Allah memberi kita jalan dan kemudahan dibalik segala kesulitan yang kita rasakan disini". Segala doa yang selalu saya haturkan setiap selesai melakukan 17 raka'at dalam setiap hari serta ikhtiar dan berusaha tanpa mengenal kata menyerah memang belum ada apa-apanya dibandingkan dengan perjalanan orang yang saat ini sudah berada diatas sana. Namun, saya adalah orang yang percaya dengan impian dan mengejarnya karena saya yakin, meskipun ada beberapa keinginan yang sudah saya rasakan seperti menjalankan 2 aktivitas yang berbeda yakni bisa melakukan kuliah dan juga bekerja, tapi saya tidak berpuas diri dalam kondisi saat ini meskipun aktifitas ini sudah saya lakukan 1 tahun lebih, masih banyak kekurangan yang saya rasa harus saya rubah untuk kedepannya nanti. Hal terlihat sepele seperti kebiasaan kita berbicara tanpa berfikir kepada orang lain yang saya rasakan terbawa juga dalam aktifitas saya bekerja, bagaimana kita harus ramah kepada orang lain, sopan dan juga tutur bahasa yang kita ucapkan jangan sampai melukainya.Jujur memang saya juga sering ditegur oleh pemilik di tempat saya bekerja mengenai tata cara berbicara ramah kepada setiap pengunjung di tempat saya bekerja, saya ingin terus berbenah diri mengenai komunikasi kepada orang lain, karena dalam dunia pekerjaan baik itu lingkup kecil ataupun besar komunikasi selalu ada dalam setiap proses dalam bekerja. Jika sekarang saya tidak bisa bisa ramah kepada orang lain bagaimana jika saya sudah terjun dalam dunia kerja yang sudah lingkup besar nanti. Saya mengakui disuruh orang lain untuk melakukan hal yang seharusnya bisa mereka lakukan memang sangat tidak enak, tapi mau bagaimana lagi, memang itulah pekerjaan, selain dari membantu memenuhi kebutuhan saya sendiri dan juga mencari pengalaman bekerja dari 0 memang cukup sulit, tapi saya melakukan semua itu karena Allah. Saya juga memiliki cita-cita dan impian kelak suatu saat nanti saya ingin menjadi seorang penulis dan juga dosen karena menurut saya berbagi ilmu pengetahuan dan saling belajar dan terus belajar adalah hal yang sangat menarik karena ilmu itu sendiri adalah milik Allah, bukan milik manusia .Saya terinspirasi dengan dosen mata kuliah ilmu perpustakaan dan informasi , saya juga ingin bisa seperti mereka, meskipun mereka berharap agar suatu saat nanti saya bisa lebih dari mereka . Segala hal dalam hidup ini baik itu berhubungan dengan orang lain maupun tidak apa yang sekiranya berkesan dan juga bersifat ilmu pengetahuan akan saya coretkan semuanya disini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar